HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bupati Sintang Menghadiri HUT Dharmawanita Kabupaten Sintang



IBU PUSAT KEHIDUPAN

Sintang-Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M. Med.Ph bersama Sekretaris daerah Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si menghadiri peringatan hari ulang tahun ke 18 Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sintang di Gedung Pancasila Sintang, Selasa (12/12/2017).
“dibelakang kesuksesan seorang suami ada peran seorang wanita, itulah filosofi yang kita yakini bersama,” kata dr. Jarot. “. Ada 4 peran penting dari ibu-ibu sekalian,” tambahnya.
Bupati lalu menjelaskan keempat peran tersebut. Pertama, Ibu-ibu adalah pusat kehidupan di dalam rumah tangga, akuntan terbaik adalah ibu-ibu.  Pendidik terbaik itu adalah ibu-ibu. Yang mengatur kesehatan yaitu juga ibu rumah tangga.
“ibu-ibu ini ajaib, uang 800 bisa cukup untuk satu bulan, satu juta cukup apalagi bisa 10 juta,” kata dr. Jarot yang disambut dengan gelak tawa para ibu-ibu.
Buapti menjelaskan bahwa pendidikan terbaik adalah pendidikan dirumah. Waktu terbaik mendidik anak adalah saat usia 3-6 tahun, para ibu berperan dalam meletakan dasar-dasar kehidupan itu di rumah.
“Kalau pendidikan di rumah baik, disekolah hanya melanjutkan, insya Allah akan baik juga,” kata dr. Jarot lagi.
Di rumah, menu dan jenis makanan yang ditentukan oleh para ibu. Menjaga kehidupan itu dimulai dari saat melahirkan, dengan pemberian Inisiasi dini dan ASI kepada anaknya.
“Dengan dua hal itu, kita sudah menurunkan 32% angka kematian anak dibawah usia 1 tahun,” ujar dr. Jarot dengan sedikit menambahkan beberapa hal kesehatan lainnya. “Memang luar biasa peran ibu-ibu ini sehingga suami tidak stress dalam bekerja, hasil kerja di kantor pun jadi baik,” pujinya.
“selain itu, peran ibu-ibu dalam mewujudkan masyarakat Sintang yang cedas, sehat, maju, religius dan sejahtera yang ditopang dengan tata kelola baik dan bersih, sangat penting dengan memberi dorongan positif bagi suaminya sebagai ASN,”kata dr. Jarot. “ini sekaligus menjadi tantangan kita juga, ingatkan para suami untuk tetap berada di dalam koridor yang benar,” tambahnya.
“Tingkatakan kegiatan organisasi kita pada kegiatan sosial ya,” pesan, dr. Jarot sebagai penutup sambutannya.
Pada kesempatan ini, hadir lebih dari 200 para anggota DWP di lingkungan Kabupaten Sintang. Ketua DWP juga memberikan potongan tumpeng kepada Bupati dan Sekda Sintang diiringi lagu selamat ulang tahun yang dilantunkan oleh para anggota DWP Kab. Sintang.
Tema peringatan HUT ke-18 DWP tahun ini, ‘pengembangan kualitas istri ASN menuju ketahanan keluarga’. Ada sejumlah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh DWP Kab Sintang tahun 2017. Kegiatan yang telah dilaksanakan, lomba MC, lomba membuat taplak meja dari kain perca, anjang sama ke tk pertiwi dan anggota dpw yang sakit, smeinar sehari bagi para istri ASN, penyercahan cinderamata para warakauri, penyerahan santunan pendidikan bagi anak ASN,
Ketua Dharma Utin Rosmiayati membacakan sambutan Ketua Umum DWP.  Menjadi organisasi istri ASN yang profesional untuk memperkuat peran serta perempuan dalam pembangunan nasional.
“Dalam rangka itu telah diluncurkan renstra DWP tahun 2015-2019, dan hal tersebut  dituangkan dalam berbagai kegiatan di lingkungan daerah masing-masing” kata Utin. “DWP memiliki potensi luar biasa sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan daerah dan nasional,” tambahnya lagi.
Pendidikan, ekonomi dan kesehatan menjadi bidang prioritas utama untuk kegiatan dan program DWP. Tiga program prioritas yang ditetapkan untuk dilaksanakan di DWP pada berbagai tingkatan, pembinaan pendidikan keluarga di lingkungan DWP, pemberdayaan ekonomi produktif dan kreatif serta implementasi gerakan hidup sehat (GERMAS).
“dengan demikian anggota dapat menjadi motivator dan advokasi di lingkungan masyarakat,” kata Utin. “beberapa hal yang perlu dicermati lebih baik, kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan seksual dan narkoba, dimana hal ini dapat kita atasi dengan membangun ketahanan keluarga di rumah masing-masing,” jelasnya lagi.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten umum Setda Sintang, Marchus Afen, Kadisperindagkop, Sudirman dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Lindra Azmar, Kadis BKD, Palentinus serta perwakilan forkopimda di lingkungan Kabupaten Sintang.
Demikian siaran berita dari Humas Pemda Sintang

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *