HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bupati sintang ,Jarot Winarno ,Di Dampingi OPD Terkait Lakukan Panen Raya Di Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk

Sintang,Kalbar,www.warta86.com-Sekitar ratusan  masyarakat petani dan kelompok tani Desa Tawang Sari hari  Selasa,05/02/2019 siang  mengikuti kegiatan Temu Wicara Panen Raya Padi Sawah di Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk yang dilaksanakan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang , dihadiri  secara langsung Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH  dan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang Veronica Ancili, serta beberapa kepala  OPD dan beberapa Pejabat Forkopimda Kabupaten Sintang .
Pada sambutannya   Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH  mengatakan,  dengan  luas wilayah  kabupaten Sintang sekitar  Sembilan Ratus Ribu hektar  yang cukup potensi sebgai lahan perkebunan dan pertanian ini,  berdasarkan data yang ada  jumlah luas lahan pertanian yang baru dimanfaatkan  sebagai lahan  pertanian padi sawah  hanya sekitar tujuh ribu tujuh ratus hektar , sehingga masih sulit  menjadikan Sintang sebagai daerah swasembada beras.
“walaupun ada beberapa Desa  yang sudah mampu melakukan panen 3 kali panen dalam satu tahun, namun perbandingannya masih banyak desa panen padinya hanya  1 sampai 2 kali dalam satu tahunnya, ini kondisi  frekwensi pertanian padi  kita masih banyak  terjadi di Desa desa  di Kabupaten Sintang, bagaimana kita bisa swasembada beras ”tegas Bupati Sintang Jarot Winarno.
Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH menjelaskan,  bahwa saat  ini  angka   produktivitas Nasioanal rata-rata adalah  5  hingga  6  ton perhektar ,  sedangkan  berdasarkan data panen padi kita  di kabupaten sintang diperhitungkan rata-rata hanya sekitar 2 hingga 3 ton perhektar”inilah masalah kita kurang luas sawah  yang ditanam, kurang sering ditanam, termasuk di Kelam dekat rumah kopi saya tanam padinya ,  hanya satu kali dalam satu tahunnya”.
Dengan kegiatan Temu Wicara Panen Raya Padi Sawah di Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk pada hari   Selasa,05/02/2019 ,  yang diisi dengan dialog secara langsung dengan masyarakat petani dan kelompok tani  ini, Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH  berharap,  dapat memberikan semangat  dan memotivasi  kepada  para petani padi  serta  mewujudkan kabupaten Sintang sebagai  daerah swasembada beras, sehingga berdampak terhadap peningkatan perekonomian bagi masyarakat.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang Veronica Ancili menjelaskan,  bahwa Desa  Tawang Sari Kecamatan Sepauk ini, merupakan salah satu desa sentra produksi beras di kabupaten sintang, yang memiliki lahan pertanian padi sekitar  seratus Sembilan puluh hektar  dan mampu melaksanakan tanam 2 kali dalam satu tahun”bahkan ada beberapa kelompok tani yang sudah mencoba 3 kali tanam dalam satu tahunnya sehingga Desa Tawang Sari adalah desa  yang  sudah mengahasilkan surplus  hasil berasnya”.
“Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk  saat ini ada sebanyak   6  kelompok tani yang menjadi binaan Dinas Pertanian dan perkebunan kabupaten Sintang ,dan sudah diberikan bantuan berupa Pompa air, Alat tanam padi, Alat panen padi  guna mendukung produktivitas  dan peningkatan hasil pertaniannya” jelas   Veronica Ancili
Pada kegiatan Temu Wicara Panen Raya Padi Sawah di Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk pada  hari  Selasa,05/02/2019 ,  juga  dilaksanakan kegiatan Panen Raya yang dibuka secara langsung Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang Veronica Ancili dan beberapa Kepala OPD dan Pejabar Forkopimda Pemerintah Kabupaten Sintang. (Eko Humas Pemkab Sintang)
Publish: W86/parli


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *