HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kembali Dua Pasien Positif Covid-19 di Sintang Sembuh

USintang,Kalbar,www.warta86.com-Bupati Sintang melalui Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sintang dr. Harysinto Linoh, MM kembali mengumumkan dua pasien positif covid-19 di Kabupaten Sintang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil swab keenam yang keluar pada 18 Juni 2020 negatif dari covid-19. 

Dalam keterangan persnya, di Aula Dinas Kesehatan, Posko Covid-19 Kab. Sintang, Kamis (18/6/2020) sore, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sintang Harysinto Linoh menyampaikan, kedua pasien yang sembuh tersebut ialah konfirmasi 01 atas nama Cici Yulita usia 26 tahun dari cluster Menyurai Kec. Sintang dan konfirmasi 02 atas nama Deska Ariyanto, usia 30 tahun dari cluster Menteng (Menyumbung Tengah), Kec. Sintang.

Untuk riwayat Cici Yulita di jelaskan Sinto, pada 15 April 2020 di lakukan rapid test dengan hasil reaktif, kemudian yang bersangkutan pada 17 & 18 april 2020 di lakukan pengambilan swab pertama dan kedua, pada 29 april 2020 hasil swab pcr keluar positif covid-19.  
“sementara riwayat konfirmasi 02 atas nama Deska Ariyanto, usia 30 tahun dari cluster Menteng, Kec. Sintang, pada 17 april 2020 lalu dilakukan rapid test hasilnya reaktif, kemudian pada 18 dan 20 april 2020 pengambilan swab pertama dan kedua, 29 april 2020 hasil swab pcr keluar positif covid-19 juga”jelas Sinto. 

Masih lanjut Sinto, setelah di nyatakan positif covid-19 pada saat itu, keduanya langsung masuk ruang isolasi mandiri di ruang rawat inap RSUD Ade M. Djeon Sintang sejak tanggal 29 april 2020 s/d 3 juni 2020 (34 hari) untuk mendapat perawatan medis secara intensif. 
“selanjutkan atas pertimbangan medis, keduanya melanjutkan isolasi mandiri di rumah secara ketat sejak 3 juni tersebut hingga sampai hasil swab pcr keluar pada hari ini, dan keduanya pun telah di nyatakan sembuh dari covid-19 setelah hasil swab keenam keluar sacara berturut negatif covid-19”terang Sinto.

Jadi kata Sinto, dari total 14 terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Sintang, sudah 5 orang di nyatakan sembuh dan masih ada 9 pasien positif covid-19 yang masih menjalani isolasi mandiri ketat dan menunggu hasil swab. “mudah-mudahan 9 orang tersebut juga hasil swab segera keluar dengan hasil negatif”harap Sinto.

Selain menyampaikan hasil swab dua pasien yang di nyatakan sembuh tersebut, Sinto juga menyampaikan bahwa ada 31 hasil swab yang di terima gugus tugas covid1- Kabupaten Sintang pada 18 juni 2020 ini juga dengan hasil negatif, yakni orang tanpa gelaja (OTG) yang sudah menjalani isolasi mandiri secara ketat. “jadi total swab kabupaten sintang yang sudah keluar sampai pada hari ini sudah 252 hasil swab yang keluar negatif”tutup Sinto.

Sementara itu, Camat Sintang yang juga ketua gugus tugas covid-19 Kecamatan Sintang, Siti Musrikah mengaku sangat bersyukur karena dua orang warganya yang sempat menjalani isolasi mandiri di RSUD Rujukan Ade M Djeon Sintang sudah di nyatakan sembuh dari covid-19. 
“saya sangat bersyukur atas sembuhnya dua orang warga kecamatan sintang ini dari covid-19, mungkin orang yang paling bahagia sebelum saya memberitahu deska dan cici adalah saya, karena begitu mendapat hasil negatif saya yang pertama langsung di beri tahu tim gugus tugas kabupaten”ungkap Siti.

“kenapa demikian, karena selain sebagai camat, saya juga sebagai seorang ibu, bagaimana merasakan tidak enaknya deska dan cici mengisolasi diri baik di rumah sakit maupun di rumah masing-masing, jadi rasa tegangnya deska maupun cici, saya juga merasakannya, begitu mendapat kabar hasil negatife ini saya yang berbahagia dulu”ungkap Siti lagi.

Oleh karena itulah, pasca dua warganya yang sudah di nyatakan sembuh dari covid-19 ini, Siti berpesan kepada warga Kecamatan Sintang, meskipun covid-19 ini bisa sembuh dengan proses yang begitu panjang karena harus menunggu hasil swab pcr yang cukup lama, tapi hal itu tidak boleh membuat kita lengah dan sembrono, namun harus tetap berhati-hati, waspada, tidak panik, tidak boleh takut juga, karena kehidupan, perekonomian itu harus berjalan terus.
“makanya tak henti-hentinya kami imbau kepada warga kecamatan sintang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti gunakan masker, cuci tangan sesering mungkin, jaga jarak, jangan keluar rumah jika tidak terlalu penting, jadi kita harus memulai pola hidup yang baru demi menjaga kesehatan kita semua, jaga diri masing-masing, jaga keluarga kita, tetangga, kerabat, semoga tidak ada lagi yang terkonfirmasi positif covid-19 khususnya di kecamatan sintang dan umumnya di kabupaten Sintang”pesan Siti.(red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *