HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Jadi Sorotan SDN No 17 Lanjing Ini Jawaban Kepala Sekolah


Sintang,Kalbar ,Www.Warta86.com - kembali Dunia Pendidikan menjadi sorotan kali ini menimpa Sekolah Dasar Negeri 17 Lanjing yang beralamat dijalan sintang-putussibau, Desa Gembara raya Kecamatan Kelam permai Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat.  Dengan adanya  pemberitaan dari media sebelumnya tanggal 12 april 2024 dan  tanggal 14 april 2024.


Dalam narasi pemberitaan tersebut, menayangkan bahwa ada beberapa orang tua murid yang memberikan sebuah imformasi kepada awak media, bahwa Kepala Sekolah beserta Dewan guru SDN 17 Lanjing diduga melakukan pungli dengan dalih membeli buku paket.


Berdasarkan dari hasil pemberitaan tersebut,  media kompas86.com dan Warta86com.com , menghubungi Kepala Sekolah SDN 17 Lanjing yang berada di Desa Gemba raya Kecamatan Kelam permai Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat, guna konfirmasinya. terkait kebenaran berita yang sudah beredar tersebut 


Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 17 Lanjing membentah bahwa  pihaknya memerintahkan untuk membeli buku paket tersebut. "Memang benar pihak kami ada pertemuan dengan orang tua  murid, komite sekolah untuk membahas terkait pengadaan buku penunjang dan disini kami bertindak mempasilitasi ,terkait bagi yang mau membeli buku untuk dibawa pulang, dan buku itu untuk sarana penunjang belajar dirumah. itupun berlaku bagi murid murid yang mau membeli. Dan tidak diharuskan untuk membelinya, karena buku paket itu hanya untuk sarana penunjang belajar anak. Dan buku itu juga akan menjadi milik pribadi mereka. Sedangkan buku yang dibeli melalui dana BOS itu sangat terbatas banyaknya, dan tidak diperbolehkan dibawa pulang. Sebab buku yang dibeli melalui Dana BOS hanya khusus untuk belajar disekolah. Maka pihak kami menganjurkan bagi murid yang mau membeli buku untuk belajar dirumah, kami persilahkan, demikian penjelasan Kepala Sekolah SDN 17 Lanjing melalui media ini  minggu (14/4/2024) di kelam. 


Pihak kami dari sekolah tidak ada memaksa murid ataupun orang tua murid untuk membeli buku paket belajar yang seperti dalam pemberitaan itu, katanya. "Karena kami juga tau kondisi ekonomi orang tua mereka, tidak semuanya mampu. Tapi bagi yang mau membeli buku untuk sarana penunjang  belajar dirumah, ya, dipersilahkan.dan pengadaan buku tersebut sudah dari sekolah kami masih berstatus Swasta dan Ibu belum bertugas di situ "Ujar kepala Sekolah SDN 17 Lanjing 


Dalam pertemuan tersebut hadir dari pihak media kompas86.com,Warta86com.com  bersama Kepala Sekolah, Ketua Komite, Dewan guru,pihat penerbit serta Perwakilan orang tua murid SDN 17 Lanjing di Kecamatan Kelam permai, Minggu (14/4/2024) pukul 10.00 wib, Kepala Sekolah menyampaikan Dana BOS yang ada tidak semua dianggarkan untuk membeli buku paket saja, masih banyak untuk penggunaan pengeluaran lainnya juga, jelasnya. 


"Jadi terkait pemberitaan yang sudah beredar dengan menduga pihak sekolah SDN 17 Lanjing melakukan pungli untuk pembelian buku paket itu, adalah tidak benar." Karena pihak kami tidak memaksa murid maupun orang tua murid untuk membeli buku itu, cuma bagi murid murid yang mau membeli untuk sarana penunjang belajar dirumah, kami persilahkan, pihak kami tidak memaksa. Begitu juga mengenai harga buku yang dibeli itupun sesuai harga buku yang ditawarkan oleh pihak penyedia buku, katanya. 


Masih kata Kepsek SDN 17 Lanjing, pihak kami juga akan mengadakan Konfrensi pers, atas dasar pemulihan nama baik sekolah kami. Agar tidak ada buruk sangka terhadap kami dari pihak sekolah, katanya. (Tim/redaksi)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *