Kategori

HEADLINE NEWS

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Presiden Ri Hadiri Pertemuan APEC-ASEAN



Setelah tiba di Da Nang, vietnam, Presiden Joko Widodo langsung mengikuti pertemuan APEC Business Advisory Council (ABAC) dialogue dan pertemuan APEC-ASEAN Leaders yang digelar jum’at, (10/11/2017) dikawasan Furama Resort, Da Nang, vietnam.
Dalam ABAC Dialogue, Presiden menegaskan pentingnya pembangunan ekonomi yang terbuka dan inklusif guna mengtasi masalah ketimpangan yang terjadi disejumlah negara didunia. Apalagi Indonesia dinilai telah berhasil menerapkan sistgem pembangunan Inklusif melalui sejumlah program perlindungan sosial di Tanah Air.
“kita dinilai berhasil menyeimbangkan dan mengkombinasikan antara pertumbuhan dan Equity. Misalnya melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP) ,Kartu Indonesia Sehat (KIS) Yang di nilai mengkombinasikan pertumbuhan dan Distribusi ,sarta mengurangi ketimpangan “ujar Wakil Menteri Luar Negeri A.M Fachir usai mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan APEC-ASEAN
Disamping  itu, dalam pertemuan APEC-ASEAN yang pertama digelar berkat inisiatif  Viet Nam menyatakan pentingnya membangun sinergitas yang solid antara Negara Anggota APEC maupaun ASEAN
Indonesia sebagai pendiri kedua Organisasi itu memiliki peran penting dalam mewujudkan  Sinergitas tersebut
“Disatu sisi ikut berperan dalam membentuk ASEAN dan APEC ,namun pada saat yang sama perkembangannya harus juga memberikan Kontribusi kepada kita secara Nasional “ungkap A.M.Factir .
Menurut Presiden Jokowi,sinergitas tersebut bisa diwujudkan dalam sejumlah kerja sama di berbagai bidang ,mulai dari e-commerce ,pengembangan sumber daya Manusia ,hingga Regional Coorperation in Asia Pasific (RCAP) dengan Free Trade Area ofAsia Pasific(FTAAP)
“ABAC dan ASEAN juga dapat membantu APEC membentuk pasar Domestik intrakawasan sehingga tidak bergantung pada kawasan lain “ tutur A.M Factir
Menanggapi hal tersebut ,sejumlah pemimpin negarapun memberikan apresiasi dan pandangan positif terhadap pesan yang disampaikan Presiden Jokowi dalam forum tersebut.
“Australia terutama dalam hal perdagangan karena ARCEP potensial maka akan segera digulirkan .kalau FreeTrade Area of Asia Pacifiv masih jauh ,”ucap A.M.Facti(RED)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *