HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

"Peduli Lingkungan Tanggung Jawab Bersama"



Laporan: Tato Jurnalisio 

SINTANG Www.warta86.com - Pengamat Lingkungan Hidup dan Sosial Masyarakat UNKA Sintang Kalimantan Barat, Dr. Genopepa Sedia, SH. MH mengatakan untuk menjaga kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab semua masyarakat, tidak hanya pemerintah ataupun perguruan tinggi, termasuk upaya menghadirkan TNI dalam kesempatan tersebut juga di anggap tepat karena dengan begitu TNI akan meneruskannya kepada warganya yang berada di daerah binaanya.



" Tanggung jawab terhadap lingkungan ada juga tanggung jawab negara yang menjamin, makin kuatnya peran negara dalam rangka menyediakan lingkungan hidup yang sehat dan bersih, berkehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya, kehidupan makhluk hidup dan kelestarian ekosistem.  Lingkungan sosial dan ekonomi adalah hadirnya perannya perusahaan masuk di dalamnya," tutur Dr. Genopepa Sedia, SH. MH, Rabu (31/10/2018).



Asas tanggung jawab Negara sebagai dasar pelaksanaan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Negara akan menjamin pemanfaatan SDA akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan dan mutu hidup rakyat baik generasi masa kini maupun masa depan sebagai tujuan dilaksanakannya pembangunan yang berkelanjutan.



"Negara menjamin hak warga negara atas lingkungan hidup yang baik dan sehat, negara mencegah di lakukannya kegiatan pemanfaatan SDA yang menimbulkan pencemaran dan atau kerusakan lingkungan hidup," tegasnya.



Tanggung jawab perusahaan,dimana perusahaan tidak lagi sekedar menjalankan kegiatan ekonomi untuk menciptakan profit (keuntungan) dlm menjaga kelangsungan usahanya melainkan juga memiliki tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungannya aehingga masyarakat mencapai kondisi kehidupan yang lebih baik(social benefit).



Fokus pada peranan ini ada hubungannya dengan pemimpin global dalam kesehatan hewan tidak hanya berkontribusi terhadap kesejahteraan hewan dan manusia tetapi juga melakukannya dengan penuh tanggung jawab maka dari itu juga merupakan tujuan utama dari semua pengembangan perekonomian berkelanjutan.



"Pelestarian lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan bukan hanya pada negara saja melainkan tanggung jawab setiap insan di muka bumi ini di mulai dari balita sampai manula dan pemerintah sudah membentuk badan pengenadlian lingkungan," sarannya.(Red W86)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *