HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bupati Sintang ,Lakukan Panen Raya Di Desa Sai Maram Kecamatan Kelam Permai

Sintang,www.warta86.com-Ratusan  masyarakat petani yang tergabung  dalam 14  kelompok tani Desa Sungai Maram Kecamatan Kelam Permai  hari ini  Senin,04/03/2019 melaksanakan Panen Raya Padi Sawah di Dusun Berjanji  RT.001 RW.002   dihadiri Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH  didampingi Sekretaris  Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang  Juwita , serta  OPD, Forkopimda Kabupaten  Sintang, serta  beberapa pejabat Forkopimcam Kecamatan Kelam Permai.
Pada kata sambutannya   Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH  mengatakan,  Bahwa Ketahanan pangan di Kabupaten Sintang masih masuk dalam kategori rwan pangan , dengan luas wilayah hampir sama dengan Propinsi Jawa Barat dan jumlah penduduk sebanyak Empat Ratus Sepuluh Ribu Jiwa dengan luas lahan pertanian padi sawah yang produktif hanya sekitar Tujuh Ribu Tujuh Ratus Hektar, sehingga  luas lahan pertanian yang digarap para petani masih kurang.
“sudah luas tanam  padi sawah  yang masih kurang dengan sistem  menanamnya hampir rata-rata-rata masih 1 hingga 2  kali dalam satu tahunnya dibeberapa Desa, dan hanya Desa Baning Panjang dan Sungai Maram Kecamatan Kelam Permai  yang sudah mampu  tiga kali dalam satu tahun, ini harus perlu ditingkatkan”. Tegas  Jarot Winarno
Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH  menjelaskan, dengan sistem kemampuan petani di Dusun Sejanji Desa Sungai Maram Kecamatan Kelam Permai dengan jumlah sebanyak  14 kelompok tani  dan  sudah mampu melakukan panen padi sawah tiga kali dalam satu tahunnya, ini merupakan suatu keberhasilan harus tetap dipertahankan.
Menurut Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH ,   saat  ini  angka   produktivitas Nasional pertanian padi rata-rata adalah  5  hingga 6  ton perhektar ,  sedangkan  berdasarkan data panen padi kita  di kabupaten sintang diperhitungkan rata-rata hanya sekitar 2 hingga 3 ton perhektar”inilah masalah kita kurang luas sawah  yang ditanam, kurang sering ditanam”.
Sementara itu,  Menurut  salah seorang perwakilan kelompok tani  Wijiono mengatakan   mengatakan, kegiatan panen Raya yang dilaksanakan di desa Sungai Maram ini merupakan kegiatan terakhir masa panen petani, dan sistem yang dilakukan seperti yang digaungkan  oleh Perintah Pusat  di Jakarta  versi  panen setiap hari, yaitu  3 kali dalam satu tahunnya sudah rutin  dilakukan dengan hasil yang cukup baik.
Dalam Kegiatan Panen Raya  Padi Sawah di Dusun Sejanji  RT.001 RW.002 Desa Sungai Maram Kecamatan Kelam Permai hari ini Senin,04/03/2019  Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH ,    juga dilakukan Temu wicara dialog dengan para petani, seputar keluhan para petani seperti permasalahan pupuk, termasuk permasalahan alat-alat mesin pertanian(alsintan) yang masih kurang.  
Dengan kegiatan Panen Raya Padi Sawah di Dusun Sejanji  RT.001 RW.002 Desa Sungai Maram Kecamatan Kelam Permai hari ini Senin,04/03/2019 yang diisi dengan  dialog secara langsung dengan masyarakat petani dan kelompok tani  ini, Bupati Sintang  dr.H. Jarot Winarno,M.Med.PH  berharap,  dapat memberikan semangat  dan memotivasi  kepada  para petani padi  serta  mewujudkan kabupaten Sintang sebagai  daerah swasembada beras, sehingga berdampak terhadap peningkatan perekonomian bagi masyarakat.  (Eko Humas Pemkab Sintang) Publish :W86

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *