HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Dialog Kamtibmas Kapolres Sekadau dengan Awak Satkamling Nirboyo


Www.Warta86.com - SEKADAU, Polda Kalbar - Kunjungan Kapolres Sekadau AKBP Dr. I Nyoman Sudama ke Pos Satkamling Nirboyo di Dusun Senuruk, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir pada Rabu (24/1/2024) malam, mendapat apresiasi positif dari warga setempat.


Didampingi Kasat Binmas AKP Masdar beserta anggota Sat Binmas dan Bhabinkamtibmas, Kapolres Sekadau berdialog mengenai Kamtibmas dengan anggota Satkamling Nirboyo dan warga yang hadir.


Zulkarnain, salah satu awak Satkamling, memohon kepada Kapolres Sekadau agar memberikan pelatihan kepada awak Satkamling Nirboyo, terutama saat tugas ronda di Satkamling ketika menemukan pelaku kejahatan.


"Kami khawatir jika kami melakukan tindakan yang tidak sesuai hukum, kami dapat dituntut balik oleh pelaku kejahatan tersebut," ucap Zulkarnain.


Kapolres Sekadau, AKBP Nyoman Sudama merespons positif pertanyaan tersebut. Terkait pelatihan tersebut, pelatihan untuk awak Satkamling akan diberikan oleh Unit Binkamsa Sat Binmas Polres Sekadau serta Bhabinkamtibmas di setiap Desa.


AKBP Nyoman Sudama menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara hukum. Di setiap daerah, berlaku kearifan lokal dan kebijakan lokal seperti norma dan hukum adat.


"Dalam hal penangkapan pelaku tindak pidana yang tertangkap tangan, setiap warga berhak mengamankan pelaku dan wajib melaporkannya kepada pihak Kepolisian. Namun, tindakan main hakim sendiri dilarang," jelasnya.


"Negara juga menyediakan perlindungan bagi saksi dan korban. Jadi, selama warga berperilaku sesuai hukum saat mengamankan pelaku, bahkan menangkap pelaku yang tertangkap tangan akan dilindungi oleh negara," tambahnya.


Selama dialog tersebut, AKBP Nyoman Sudama juga mengajak warga di Dusun Senuruk untuk mempertahankan persatuan dan kekompakan. Hal ini sangat penting untuk menjaga Kamtibmas, terutama dalam menghadapi Pemilu 2024.

Red

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *