HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Gawai Dayak Kecamatan Jangkang Meriah

SANGGAU - Pesta Panen Padi masyarakat adat dayak, atau dikenal dengan, Nosu Minu Podi tingkat Kecamatan Jangkang diadakan di Dusun Benuang Desa Tanggung Kecamatan Jangkang Kabupaten Sanggau, Kamis ( 22/6/2017).
Gawai merupakan ungkapan rasa syukur atas segala jerih payah terutama hasil berladang selama satu tahun. Gawai Nosominu Podi Kecamatan Jangkang yang pertama kali dilaksanakan berlangsung meriah yang dihadiri oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi beserta Istri, Camat Jangkang, Danramil Jangkang, Toko agama beserta unsur muspika Kecamatan Jangkang dan tamu undangan.
Dari 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau baru 2 Kecamatan yang mengadakan Gawai Dayak Nosominu Podi tingkat Kecamatan yaitu Kecamatan Kembayan dan Kecamatn Jangkang ini bearti tantangan bagi kita bahwa Kecamatan juga bisa mengadakan Gawai Dayak untuk tingkat Kecamatan ungkap Bupati Sanggau Paolus Hadi dan sekaligus membuka Gawai Dayak tingkat Kecamatan Jangkang.
Bupati Sanggau Paolus Hadi berharap agar kita dapat mempertahan budaya-budaya yang ada, jangan seperti para Kades acara belum selesai Kadesnya sudah pulang itu budaya yang harus dihilangkan.
Orang nomor satu di Bumi Daranante ini sangat senang bisa masyarakat menghadiri ritual adat terutama adat Mandi Data, yaitu permisi kepada penguasa Udara, darat dan air yang tidak lain adalah Tuhan. Hal ini diungkapan dengan ritual adat yang sangat religius yang langka dan perlu dipertahan oleh masyarakat setempat.
Dalam kesempatan ini juga Bupati Sanggau beserta istri menghibur masyarakat Kecamatan Jangkang dengan lagu Onih Agah yang saat ini sangat buming ditengah masyarakat. (Andi)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *