HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Gubernur Resmikan 4 Pembangunan Di Pelabuhan Perikanan Sui.Rengas


arta86.om – Gubernur Kalbar Cornelis, Senin 11/12, meresmikan 4 bangunan baru di Pelabuhan Perikanan Pantai Sui.Rengas dan juga pelepasan ekspor perdana hasil tangkapan ikan para nelayan Kalbar ke Negara Cina (Tiongkok).
Eksport ke Tiongkok merupakan kerjasama  Pemprov.Kalbar melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalbar dengan PT Xinhaihuan Indonesia Fishery.
Empat bangunan yang diresmikan yaitu Garasi KapalW Pengawasan Perikanan, Pos Pengawasan Perikanan, Perpanjangan Dermaga (Extention watt), dan PT. Xinhaiyuan Indonesia Fishery Prov. Kalbar.
Kegiatan juga dirangkai dengan lomba masak serba ikan Tingkat Provinsi Kalbar, yang dimenangkan oleh Kab. Landak sebagai peringkat I, Dalam sambutannya Cornelis berharap agar ikan yang di eksport kualitas ikannya harus dijamin baik,  “Jangan asal ekspor, tapi kualitasnya harus betul2  diperhatikan,” Pesannya.
Selain itu menurut gubernur, kualitas cara berpikir, cara bertindak para nelayan juga harus ditingkatkan. Sehingga hasil eksportnya  betul-betul layak. “Jangan sampai, sesampainya di sana ikannya sdh busuk.” Pesannya.
Perbuatan seperti itu lanjut Gubernur, akibatnya akan merugikan nelayan itu sendiri.
Di tempat yang sama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalbar Gatot Rudiyono dalam Wancaranya mengatakan, bahwa ini merupakan terobosan baru yang sangat bagus dalam upaya meningkatkan penghasilan para nelayan.  “Ini merupakan terobosan baru bagi kami, selama ini kita eksport lewat Jakarta, sehingga yang menikmati harga ekspor selalu Jakarta.” Terang Gatot.
Dengan terobosan baru ini nelayan Kalbar sudah  menikmati harga eksport, yang sudah tentu harganya lebih tinggi. Keuntungan berukutnya, pendapatan nelayan jadi meningkat.
Eksport pertama ini, menurut Gatot sebanyak 40 ton yang terdiri dari ikan tenggiri, cumi dan udang, Eksport dilakukan sekarang mengingat saat ini harga ikan sedang bagus karena sebentar lagi hari Raya Natal. Hal terpenting yang perlu dilakukan menurut Gatot yaitu melakukan pembinaan kepada pada nelayan, gterkait kestabilan mutu, “Sekarang yang terpenting pembinaan mutu, karena untuk eksport mutunya harus bagus,” Jelas nya mengakhiri.(abr)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *