HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kolaborasi Polda Kepri Bersama Stakholder Ciftakan Pemilu Aman dan Damai Di Kepulauan Riau


Www.Warta86.com - Batam – Dalam rangka mewujudkan Pemilu yang berjalan aman dan damai, Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H., hadiri undangan detik network menjadi narasumber dalam rangka “Perhelatan Demi Indonesia Cerdas Memilih Tahun 2024” yang diselenggarakan di Hotel Aston Pelita Kota Batam. Jumat (12/01/2024).


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, S.Sos., M.Si., Dirjen Informasi & Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong, S.Sos, M.Si., Ketua Kpu Provinsi Kepulauan Riau Indrawan Susilo Prabowoadi, S.H., M.H., Ketua Bawaslu Kepri Zulhadril Putra, S.T., Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad S.E., M.M., Danrem O33/wira Pratama Brigjen. TNI Jimmy Watuseke, Walikota Batam H. Muhammad Rudi Harahap, S.E., M.M., Kabidhumas Polda Kepri, PJ Wali Kota Tanjung Pinang, Kejaksaan Negeri Batam, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Kepulauan Riau, Wakil Rektor Tiga Universitas Maritim Raja Ali Haji, Pemimpin Redaksi Detik.com, Direktur Utama Detik.com, dan Direktur Transmedia.


Dalam kesempatan tersebut Ketua Bawaslu Kepri Zulhadril Putra, S.T., menyampaikan bahwa Pada pemilu kali ini, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat kecenderungan pelanggaran yang signifikan, dan proses pemilu berlangsung sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan. Meskipun terdapat beberapa insiden ujaran kebencian yang dapat memecah belah masyarakat, namun upaya penanganan yang efektif telah dilakukan berkat kerjasama yang baik antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pentingnya keterlibatan semua pihak dengan kapasitas sesuai tupoksinya masing-masing telah ditekankan, sementara upaya pencegahan, pengawasan, dan penindakan tetap menjadi prioritas dalam mengawal jalannya proses pemilu.


Kemudian Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad S.E., M.M., menjelaskan bahwa dalam menghadapi pemilu, Provinsi Kepulauan Riau, yang terkenal dengan karakteristik heterogen suku, agama, dan budayanya, telah menunjukkan kemampuan luar biasa dalam berkolaborasi dan bersinergi. Meskipun keberagaman ini mencakup segala aspek, pesta demokrasi selalu berhasil dilaksanakan dengan baik berkat kerjasama yang solid. Meski demikian, harapan tetap tersemat bahwa perbedaan yang ada tidak akan menjadi penghalang, melainkan justru menjadi sumber kekuatan untuk melaksanakan pemilu dengan aman dan damai. Dengan semangat kerjasama yang terpelihara dengan baik, diharapkan masyarakat Kepulauan Riau dapat bersatu dalam proses demokratis ini, menghormati keberagaman, dan merayakan kebebasan berpendapat tanpa konflik yang merugikan.


Dilain kesempatan Walikota Batam H. Muhammad Rudi Harahap, S.E., M.M., Pemilu 2024 memiliki cerminan yang signifikan di Kota Batam, dengan hampir 58% pemilihnya berada di kota tersebut. “Sebagai Walikota Batam dan kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, saya memberikan dukungan penuh terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Kesediaan untuk membantu segala kebutuhan mereka menjadi suatu kewajiban, mengingat tantangan yang dihadapi oleh KPU dan Bawaslu dalam mengorganisir pemilu yang berskala besar. Dengan keyakinan bahwa kolaborasi dan sinergi antara pemerintah daerah dan lembaga terkait adalah kunci kesuksesan, kami siap berperan aktif dalam memastikan kelancaran dan keamanan pelaksanaan pemilu di Kota Batam,” Ucap Walikota Batam H. Muhammad Rudi Harahap, S.E., M.M.


Selanjutnya Danrem O33/wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Watuseke, menyampaikan bahwa siap memberikan dukungan kepada Polri dalam menjaga keamanan selama pelaksanaan pemilihan berlangsung. Selain itu, TNI juga aktif dalam kampanye sosialisasi untuk menciptakan suasana pemilu yang damai dan kondusif. Serta ikut mengamankan distribusi logistik bersama Polri, dengan tujuan memastikan kelancaran semua tahapan pemilu. Komitmen TNI untuk tetap netral dan tidak berpihak pada pihak manapun.


Dalam penyampaiannya Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa wilayah Kepri, khususnya dalam indeks kerawanan pemilu, berada dalam kategori kurang rawan. Meskipun demikian, untuk memastikan kelancaran dan keamanan seluruh tahapan pemilu, Polda Kepri menegaskan kesiapan operasi khusus, yakni operasi mantap Brata, yang melibatkan kegiatan pengamanan dari tahap awal hingga paska pemilu serta tetap menurunkan seluruh personel untuk mengamankan seluruh TPS. Polda Kepri akan terus menunjukkan komitmen untuk terus bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI, dan pihak terkait lainnya. Dalam upaya meningkatkan pemahaman masyarakat, dilakukan edukasi dengan melibatkan Binmas untuk mensosialisasikan informasi mengenai pemilu, baik secara langsung maupun melalui literasi digital.


“Terakhir saya menekankan kepada seluruh personel bahwa dalam pelaksanaan Pemilu, Polda Kepri akan terus bersikap tegas menunjukkan sikap netral tanpa keberpihakan, serta tidak ada toleransi terhadap anggota yang terbukti melakukan pelanggaran aturan baik dalam disiplin maupun kode etik. Langkah proaktif juga diambil dengan pembentukan saluran pengaduan masyarakat, seperti propam presisi dan dumas di situs online, sebagai bentuk transparansi dan keterbukaan untuk menerima dan menanggapi pengaduan masyarakat terkait pemilu. Semua langkah ini mencerminkan komitmen yang kuat untuk menjaga integritas dan keamanan pemilu, serta memberikan keyakinan kepada masyarakat tentang pelaksanaan pemilu yang adil dan demokratis,” Tutup Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H.


Salam Presisi

Bidang Humas Polda Kepri


Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H. M.Si.

Kabidhumas Polda Kepri


E-Mail : poldakepribidhumas@gmail.com

Telp/Fax : 0778-7760038

Twitter :@poldakeprihumas

FB : Humas Polda Kepri

Publisher Red W86 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *