HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Anggota Hadiri Lokakarya mini Lintas Sektor Puskesmas kemangai

Polda Kalbar. Polres Sintang, Polsek Ambalau - Anggota Bhabinkantibmas Brigadir Surachwardhi menghadiri lokakarya mini lintas sektor puskesmas Kemangai. Jumat, (22/12/17).
Bertempat di gedung serba guna desa nanga kemangai tim Dinkes Sintang mengadakan lokakarya mini yang di hadiri para kader posyandu, para kades tokoh masyarakat dan toko adat. Sedangkan dari Dinkes sintang sendiri terdiri dari 4 orang yang mewakili Dinas Kesehatan kabupaten Sintang. Diantaranya Bambang hermanto, S.kep. Mph, Eva maulana. K, Darmadi dan Purwono
Sedangkan dari Puskesmas kemangai di hadiri oleh kepala puskesmas bapak Adrianus Kusmiran, Skm beserta perawat, bidan dan staf puskesmas. Serta di hadiri juga oleh camat ambalau Iskandar, S. Sos.
Maksud dan tujuan melakukan lokakarya tersebut adalah untuk memberikan masukan kepada masyarakat akan penting nya kesehatan pada saat ini serta melakukan monitoring akan kinerja dan apa saja yang telah tenaga medis perbuat di dalam masyarakat. Apalagi pada saat ini telah muncul virus difteri yang mana virus ini semakin viral di masyarakat karena telah banyak memakan korban jiwa. Khusus anak-anak.
Bapak purwono memberikan penjelesan akan bahaya nya virus difteri ini yang mana virus ini rentan menyerang manusia dari umur 1 sampai 19 th. dan untuk menhindari dan mencegah virus ini maka anak sejak usia balita harus sudah mendapat kan imunisasi lengkap. Oleh karena itu di harapkan kesadaran dan peran serta orang tua untuk datang ke puskesmas atau pustu yang terdapat di desa-desa apabila ada pemberian imunisasi. Karena vaksin difteri ini sangat lah mahal. Harganya sekitar 3jt an per sekali pemberian. Dan apabila dalam status KLB maka vaksin ini tidak akan bisa di tanggung oleh Askes atau kartu kesehatan yang lain nya. Selain permasalah Penyakit Difteri tujuan Dinkes sintang melakukan lokakarya mini adalah bertujuan memantau petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Kepala puskesmas kemangai Adrianus kusmiran, Skm juga menjelaskan difteri adalah infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa.
Kades nusa poring bapak jamaludin pada kesempatan itu juga menyampaikan kepada dinkes dan kepala puskesmas agar bidan atau perawat yang di tugas kan di pustu-pustu agar kinerja nya di tingkatkan dlm memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut di karenakan pustu adalah perpanjangan tangan dari puskesmas di kecamatan. Karena sakit tidak mengenal waktu, ujarnya".
Kanit Bhinmas polsek ambalau Bripka Yoyok menambah kan, di harapkan dengan di adakan nya lokakarya ini masyarakat akan semakin menyadari tentang hidup sehat yang mana pada saat ini makin banyak virus-virus baru yang di temukan di dalam dunia kesehatan yang mana semua itu berasal dari kurang nya kesadaran masyarakat akan hidup sehat. Sehat diri serta sehat lingkungan. Mudah-mudahan dengan lokakarya ini tokoh-tokoh serta kepala desa dapat memberikan himbauan kepada warga nya. Dan mereka juga dapat mengajukan kepada dinkes kabupaten sintang mengenai masalah perbaikan kesehatan di tempat mereka dan dapat bertanya kepada dinkes solusi yang dapat diberikan dinkes buat masyarakat terutama masyarakat di perhuluan sungai melawi kecamatan ambalau ini.
Penulis : Wardhi
Editor : Alfian N/ Nanang P
Publish : Hariyanto

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *