HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0 dan SDGS Kemenpora Bersama Dilo Adakan Seminar Nasional


Www.warta86.com-
Guna mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terampil dalam menghadapi tantangan global akibat Revolusi Industri 4.0 KEMENPORA bekerjasama dengan Sentra Pemberdayaan Pemuda Digital Innovation Lounge (Dilo) Jakarta menyelenggarakan Seminar Nasional pada Sabtu 22 Februari 2019 yang mengambil tema “Mempersiapkan Tenaga Muda Terampil Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang sejalan dengan Pembangunan yang berkelanjutan (Suistanable Development Index)”. 

Peserta yang menjadi target adalah Pemuda-Pemuda di Usia 16-18 Tahun yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Acara berlokasi di Yayasan Perguruan Institut Pengembangan Pendidikan Indonesia (YPIPPI) pusat di Daerah Petojo Jakarta Pusat. 

Sekolah ini dipilih karena dianggap memiliki reputasi baik untuk mutu Pendidikan dan karakter siswanya. Hadir juga dalam kesempatan tersebut, Bapak Drs. Imam Gunawan MAP selaku Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora serta Ibu Dra. Priskhilla Marbingah MM, selaku pengawas SMK Suku Dinas Pendidikan Jakarta Pusat 1 Pemprov DKI Jakarta dan juga beberapa pembicara dari kalangan Praktisi dan Profesional di Bidang IT dan digital konten. 

Dalam sambutannya, Bapak Imam Gunawan menyebutkan, untuk mendukung revolusi industri 4.0 dalam pembangunan yang berkelanjutan (Suistanable Development Goals), pemuda harus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya sesuai dengan 17 bidang yang ada dalam pembangunan berkelanjutan. “Tantangan yang dihadapi bagi tenaga muda Indonesia dalam 5-10 tahun ke depan akan semakin berat karena kompetisinya adalah kompetisi level global sehingga anak SMA dan SMK harus terus meningkatkan keterampilan dan kemampuan. Pemuda juga bisa memanfaatkan dana hibah dari KEMENPORA untuk Wirausaha Pemula yang prosesnya bias dilakukan secara online melalui website kemenpora.go.id” Ujar Bapak Imam Gunawan.

Ibu Dra. Priskhilla Marbingah, MM. dalam sambutannya menyampaikan, acara Seminar Nasional ini adalah kali pertama yang berlangsung di lingkungan Suku Dinas Pendidikan Jakarta Pusat 1 Pemprov DKI Jakarta. Beliau berharap acara-acara seperti ini dapat terus berlanjut untuk mewujudkan peran serta komunitas profesional dan dunia industri untuk kemajuan kualitas tenaga muda terampil dan kemajuan mutu pendidikan di Indonesia. 

Seminar diisi dengan berbagai materi informasi mengenai apa itu revolusi industri 4.0 dan bagaimana cara menghadapinya, tren teknologi 2019, pengantar tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dan pengantar citizen jurnalistik media online. Hadir sebagai pembicara antara lain, Senior Software Development RuangGuru.com, Haritz Fahreza C, Erfan Apriyanto dari Program Indonesia 2030, Indarti dari MIKTI, Fredy Setyawan dari Diginova dan juga Muhammad Syamsul Arifin dari DILO Jakarta.

Pada kesempatan ini juga diperkenalkan salah satu program Dilo yaitu Dilo Academy yang berisi kurikulum dan pembelajaran materi-materi IT yang saat ini dibutuhkan banyak pelaku industri startup di Indonesia. Peserta yang hadir juga bisa langsung mendaftarkan minat dan bakatnya untuk mengikuti program Pre-Startup melalui Dilo Academy. 

Dilo (Digital Innovation Lounge) Jakarta adalah Sentra Pemberdayaan Pemuda hasil kerja sama antara Perkumpulan Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia (MIKTI),  PT. Telkom dan juga Kemenpora. Dilo berfungsi sebagai fasilitator dalam mencari talent-talent berbakat yang dapat diikutsertakan dalam program Pre-Startup untuk kemudian dikembangkan melalui Program Indigo Telkom. Dilo Jakarta juga menyediakan berbagai ruangan yang bisa dimanfaatkan secara free berupa co-working space, meeting room, class room dan mini cafeteria. Bagi yang penasaran untuk bekerja atau mendaftarkan startup maupun komunitasnya bisa langsung dating ke Dilo Jakarta yang berlokasi di Wisma Kemenpora Lt.2 Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Jl. Gerbang Pemuda No.2, RT.1/RW.3, Gelora, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270 atau ikuti media sosial Instagram Dilo @dilojakarta. 

Publish,:W86

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *