HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Salam Cinta untuk Papua dari ujung Negeri

>
Entikong ,Kalbar,www.warta86.com-- Ratusan masyarakat dan pelajar dari berbagai wilayah di perbatasan kecamatan Entikong,  Kabupaten Sanggau mengikuti karnaval dalam memeriahkan HUT ke-74 Indonesia sekaligus menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah yang digelar Satgas Pamtas Yonif Mekanis (Yonmek) 643/Wns, Minggu (1/9/2019).

Kegiatan kali ini mengusung "Tema karnaval ini Bhineka Tunggal Ika". Adapun para peserta yang mengikuti acara ini berasal dari Kec. Entikong dan Kec. Sekayam serta masyarakat sekitar perbatasan.

Koordinator Penyelenggara Karnaval, Letda CKM. Teguh Dwi. Dalam keterangannya menyampaikan,  adapun pesan yang ingin disampaikan melalui evan ini adalah, dengan Karnaval ini kami harap seluruh masyarakat bersatu, menguatkan rasa cinta tanah air dan menyatukan rasa sebagai warga Negara Indonesia".

Ragam kreatifitas masyarakat perbatasan tersalurkan dalam karnaval ini. Berbagai atribut etnik yang menunjukkan keberagaman Indonesia digunakan peserta untuk menarik perhatian juri, diantaranya pakaian adat dari 34 provinsi di tanah air.

Komandan Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Mayor Inf. Dwi Agung Prihanto menyebutkan, karnaval ini merupakan wadah untuk menyalurkan ide dan kreatifitas masyarakat perbatasan serta sebagai wujud semangat juang dan cinta terhadap tanah air.

"Melalui karnaval ini kami bermaksud menggugah rasa kecintaan masyarakat akan persatuan dan kesatuan. Apalagi kita Indonesia adalah bangsa yang besar karena perbedaan. Perbedaan tidak memecah belah persatuan tetapi perbedaanlah yang mengeratkan kita semua," kata Danyonif Mekanis 643/Wns.

Tepat pukul 14.30 WIB, peserta iring-iringan mulai bergerak dari depan Pos Gabma Entikong menuju Entikong Dalam. Mereka mengenakan aneka kostum dan dekorasi unik yang berwarna-warni. Warga yang berdesak-desakan untuk mendapatkan barisan paling depan dibuat kagum dengan hadirnya kostum adat Papua yang dikenakan peserta karnaval dari Duta Sport Wanara.

"Di Indonesia ada Papua dan Papua pasti Indonesia, karena itu kami pakai kostum Papua. Lewat kostum yang kami pakai ini, kami mau bilang ke semua, Papua adalah saudara kami," ungkap Nur, koordinator Duta Sport Wanara.(Red/W86)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *