Kategori

HEADLINE NEWS

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sekda Sintang Menjadi Pembicara Pada Acara Tukar Paham FKMS Sintang


Sintang,Kalbar,Www.warta86.com -Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus, SH.,M.Si menjadi pembicara pada acara tukar paham bersama forum komunikasi masyarakat sipil (FKMS) di kawasan waterfornt Sungai Durian, Sabtu (17/6/2023).


"Menangani sampah ini adalah tugas kita bersama. Seperti hari ini kita bersama disini berdiskusi untuk mencari solusi bersama dalam mengatasi sampah di Sintang. Inilah bentuk kolaborasi Pembangunan yang kita gaungkan sekarang ini," kata Kartiyus.


Kegiatan ini mengusung tema, "ada apa dengan plastik". Peserta kegiatan ini para siswa dan mahasiswa dari sejumlah sekolah dan universitas yang ada di Sintang. 


Secara umum sampah dibagi menjadi sampah organik dan sampah unorganik. Sampah unorganik juga menyumbang sampah residu. 


Igor Nugroho selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sintang menyampaikan bahwa beberapa persoalan sampah di Sintang memang pemerintah memiliki pekerjaan rumah yang besar berkaitan dengan sampah yaitu pengelolaan sampah. 


"Kita memang masih kekurangan mesin untuk pengolahan sampah baru ada 1 mesin pencacah. Harapannya ke depan nanti akan ada lagi sehingga proses pengolahan sampah kita," ujar Igor.


Kampanye sampah bisa dimulai dengan memilah sampah dari lingkungan sekitar. Lalu perlu diperhatikan pula proses membersihkan sampah sebelum dijual sehingga bisa menjadi bernilai ekonomi.


Proses memberi nilai tambah pada sampah, khususnya sampah plastik sudah dilakukan dengan berbagai cara termasuk mengubah bentuk misalnya menjadi balok-balok plastik. Bahkan pemanfaatan sampah bisa dilakukan tanpa mengubah bentuk sampah tersebut dengan membersihkan dan menggunakan ulang tempat atau wadah plastik. Proses-proses ini dikenal dengan istilah reuse, reduce dan recycle. 


Hadir dalam acara ini sejumlah pejabat perwakilan dari organisasi perangkat Daerah di lingkungan pemerintahan Kabupaten Sintang. (Red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *