HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

*Tanggap Bencana, Polres Sintang Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Nusa II Tahun 2017*





Sintang,warta86.com.Polda Kalbar-Polres Sintang-, Polres Sintang mengadakan apel gelar pasukan Satgas Operasi Aman Nusa II dalam rangka menghadapi kontijensi bencana di penghujung 2017. Apel ini
dipimpin Kapolres Sintang Akbp Sudarmin,SIK,MH.

Apel diikuti sedikitnya 250 personel yang terdiri dari TNI, Personil Polres Sintang, Pol PP Pemkab Sintang, Basarnas Sintang dan BPBD Sintang

"Seperti kita ketahui bahwa gangguan yang nyata saat ini terjadi adalah tingginya curah hujan sehingga berpontensi banjir seperti yang terjadi dibeberapa Kecamatan yang ada" unjar Kapolres Sintang yang juga selaku Kasat Gas Ops Aman Nusa II, Kamis (30/11/2017).

Dijelaskan oleh Akbp Sudarmin bahwa fungsi Satgas Operasi Aman Nusa II di Polres Sintang adalah membackup kekuatan tiap-tiap satgas yang sudah ada di tingkat polsek, pasukan ini dibagi menjadi 5 Satgas SAR, Satgas Lidik Sidik, Satgas Pengungsian dan Perlindungan, Satgas DVI dan Medis, Satgas Banops.

"Apel gelar pasukan hari ini adalah untuk mengecek kesiapan Satgas Operasi Aman Nusa II di tingkat Kabupaten Sintang (Polres-red), dalam rangka menghadapi situasi dinamika alam akhir-akhir ini," ujar Akbp Sudarmin.

Masih menurutnya, pasukan yang sudah ada ini akan dipersiapkan dan dikerahkan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada dilapangan, bilamana diperlukan maka personil yang ada bisa dilakukan pergeseran kewilayah desa/kelurahan, dan kecamatan yang mengalami musibah akibat bencana alam.

Terkait kondisi banjir yang melanda dibeberapa kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Sintang seperti Kecamatan Serawai, Ketungau Hilir, Kayan Hulu, dan Kayan Hilir, untuk saat ini situasi masih terkendali dan hasil laporan terakhir bahwa debit air sudah berangsur-angsur surut dan aktifitas kegiatan masyarakat sudah berjalan normal.

Dari peristiwa banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu dan melanda dibeberapa daerah di kabupaten Sintang, berkat kesiap siagaan dan sikap tanggap personil dipolsek jajaran yang dipimpin langsung para Kapolsek dan anggota bersama-sama dengan masyarakat maka kejadian banjir tersebut bisa dilewati tanpa ada korban jiwa maupun kejadian-kejadian yang berdampak kerugian yang besar.

"Kondisi kebersamaan tersebut hendaknya dapat terus dipelihara dan dijaga, sehingga kejadian maupun permasalahan apapun dapat diatasi karena kebersamaan yang terus terbangun dengan baik,"jelasnya

" Untuk kondisi banjir meskipun debit air sudah turun namun demikian potensi hujan yang sering turun akhir-akhir ini bisa menjadi potensi naiknya air sungai kembali, dan ini tetap harus di waspadai," pungkas Kapolres Sintang.

Penulis : Hariyanto
Editor: Alfian.N/Nanang.P
Publish: Hariyanto

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *