HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kapolda Menemui Aliansi Pemuda Kalimantan Barat ,Saat Menggelar Aksi Bela Bela Bangsa di Bundaran Digulis Untan


PONTIANAK www.warta86.com - Kami pemuda kalimantan barat tetap setia terhadap Pancasila dan UUD 1945, Kami pemuda kalimantan barat siap mati membela bangsa dan negara Indonesia, Kami pemuda kalimantan barat siap berkorban demi kedaulatan bangsa dan negara, Kami pemuda kalimantan barat siap menumpas pihak manapun yang berniat mengganti ideologi negara, Kami pemuda kalimantan barat menyatakan bahwa bumi khatulistiwa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari negara kesatuan Republik Indonesia. Pontianak, Jumat (2/11/2018).

Demikian hal itu, yang digelorakan oleh para pemuda, peserta aksi Aliansi Pemuda Kalimantan Barat yang mengajak kembali nilai-nilai kebangsaan menjadi sebuah kebulatan tekad pemuda di Kalimantan Barat.

Aksi ini diikuti oleh ratusan peserta dari massa beberapa OKP serta organisasi kebudayaan yang ada di Kalimantan Barat, diantaranya DPD Pemuda Pancasila, DPD KNPI Kalbar, PMKRI PC Kota Pontianak, HMI Komisariat Untan, GMKI PC Kota Pontianak, PMII PK Kalbar, GMNI PC Kota Pontianak, HIKMAHBUDHI PC Pontianak. Ratusan massa aksi ini membawa berbagai atribut dan menyuarakan aksinya, disamping aksi juga ditampilkan beberapa kebudayaan dari organisasi kebudayaan yang ikut dalam aksi ini. 

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Irjen (Pol) Drs. Didi Haryono SH MH turun dari kendaraan dinasnya karena melewati masa aksi bela bangsa ini. ia menemui massa aksi di bundaran Digulis Untan Pontianak, semua masa aksi disapa dan diajak dialog olehnya.

Beberapa saat, seusai berdialog bersama perwakilan massa aksi, orang nomor satu di Kepolisian Polda Kalbar ini, menerima tiga lembar kertas berisi seruan yang disampaikan aksi bela Bangsa.

“Hari ini kita melihat spirit pemuda, yang kebetulan masih dalam suasana hari sumpah pemuda. Kalimantan Barat sangat multi etnis, kita bisa bersatu bersama-sama untuk menjaga dalam bingkai NKRI. Tentunya tadi kita telah mendengar poin-poin yang disampaikan perwakilan para pemuda di Kalbar. Jadi intinya adalah mengajak kita semua menjaga keutuhan bangsa dan mengajak bersama-sama menjaga stabilitas keamanan di wilayah Kalimantan barat, dan alhamdulillah memang sampai saat ini, seluruh rangkaian aktivitas warga masyarakat di Kalimantan Barat memang kondusif,” ungkapnya.

Sebagai informasi tambahan, isi lembaran lengkap pernyataan sikap Aliansi Pemuda Kalimantan Barat adalah sebagai berikut:

Dijelaskannya didalam lembar tulisan, bahwa kita lahir dan hidup di Indonesia, negeri yang kaya raya ragam dan macam suku bangsa, agama, bahasa, ras etnis, golongan, budaya dan entah apalagi.

Tentunya keberagaman itu bisa berdampak positif maupun negatif. Implikasi negatif muncul ketika keberagaman dimaknai ancaman, bukan tantangan. Sehingga tidak tumbuh sikap saling memahami atas perbedaan tersebut. Sebaliknya, jika diantara anak bangsa ini bisa menjalankan sikap saling memahami dan toleransi atas perbedaan itu, keberagaman akan menjadi sebuah kekuatan yang dasyat. Kita memiliki alat pemersatu perbedaan yang lahir dari nilai-nilai luhur bangsa, yaitu Pancasila dan Undang-undang 1945 dengan berbagai tatanan yang sistematis didalamnya.

Meski demikian, harus diakui bahwa persoalan kerukunan hidup beragama masih merupakan tantangan yang serius yang harus dihadapi. Entah karena faktor provokasi dan tantangan dari luar maupun dari negeri kita sendiri. Tapi apapun tantangan dan persoalannya, kita yakin bahwa tuhan akan memberikan jalan penyelesaian. Sebagai negeri yang besar dan kaya keberagaman memang banyak tantangan yang harus dihadapi, tapi pasti banyak solusi yang bisa digali. Kerukunan agama bukan merupakan kebutuhan atau tuntutan dari pemerintah, itu merupakan kewajiban, yang lebih luasnya mengenai kemanusiaan. Karena hidup rukun dan damai adalah kewajiban kemanusiaan dari diri setiap orang. Sila pertama sari Pancasila hakekatnya merupakan komitmen mendasar bagi bangsa bahwa hidup harus berlandaskan sendi-sendi agama. Oleh karena itu mari kita bangun kehidupan beragama secara berkualitas dan bermartabat dengan menjunjung tinggi semangat kerukunan dan kedamaian antar umat beragama. Kerukunan beragama bertujuan untuk menciptakan interaksi sosial yang baik dan merupakan kepentingan negara dalam mewujudkan negara yang aman, daman dan nyaman.

Menyadari hal ini, para pendiri negeri ini telah memikirkan bagaimana upaya agar mempersatukan masyarakat Indonesia yang beraneka ragam melalui semboyan “Bhineka Tunggal Ika”. Yang mempunyai arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Secara mendalam bhineka tunggal ika memiliki makna walaupun Indonesia sebagai negara yang multi kultural, dimana terdapat banyak suku, agama, ras, kesenian adat, bahasa dan lain sebagainya namun tetap satu kesatuan yaitu sebangsa dan setanah air. Dipersatukan dengan bendera, lagu kebangsaan, mata uang, bahasa dan lain sebagainya.

Disisi yang lain, tokeransi dari perspektif kaum muda, toleransi dan sikap yang saling memiliki dan menghargai perekat dan pengikat kerukunan bangsa. Potensi konflik dan tanyangan dimana kita merupakan negara kepulauan yang memiliki keragaman dalam segala hal. Nilai-nilai agama dan budaya tidak dijadikan sumber etika dalam berbangsa dan bernegara. Semua agama mengajarkan tentang kebaikan. Adanya nilai-nilai budaya sebagai sumber etika dan moral. Terakhir kepedulian generasi muda dalam menjaga persatuan. Terjadinya konflik sosial budaya terjadi karena salah dalam mengartikan toleransi, selain itu kesenjangan ekonomi, praktek birokrasi yang diwarnai KKN, praktek demokrasi yang mencampur adukan kepentingan pribadi dan kelompoknya. Toleransi dari prespektif kaum muda menjadikan nilai-nilai agama dan budaya sebagai sumber etika kehidupan dalam rangka memperkuat akhlak dan moral. Sejarah perjuangan bangsa Indonesia telah mencatat peran penting pemuda, sebagai garda terdepan bangsa ini. Toleransi merupakan kebutuhan mutlak dalam kehidupan bermasyarakat.

Saat ini bangsa kita menghadapi kondisi yang mengkwatirkan, terutama kemunculan kehendak-kehendak yang mengingkari adanya kebhinekaan yang menjadi kekuatan bangsa.

Saat ini sangat memprihatinkan karena bersamaan dengan kondisi tersebut, sesama anak bangsa juga mulai saling tidak percaya satu sama lain sehingga mengancam kelangsungan berbangsa dan bernegara.

Saat ini, kehidupan berbangsa kita sedang menghadapi tantangan yang cukup berat, proses mengupayakan negara demokrasi yang matang diguncang oleh situasi politik yang jauh dari kesantunan dan adab mulia.

Sajian drama dan ujaran kebencian juga merajalela di media sosial. Situasi yang sarat muatan kecurigaan dan ketakutan antar kelompok tersebut tentu tidak boleh terus dilanggengkan. Ditengah posisi media mainstream (arus utama) yang terkooptasi oleh kepentingan politik pemiliknya dan berita hoax (bohong) yang marak, menuntut kaum muda untuk tampil sebagai penyelamat bangsa,” Demikian kutipan tulisan ajakan dari aaliansi Pemuda Kalbar.



___________________________
[ informasi di atas ditulis, diramu, dikemas oleh Kepala Urusan Liputan Produksi Dokumentasi (Lipprodok) Humas Polda Kalimantan Barat, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Cucu Safiyudin ]Red

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *