HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ombudsman Republik Indonesia ,Berikan Penghargaan Tinggi Kepatuhan Kepada Kabupaten Sintang

Sintang,Kalbar,www.warta86.com-Bupati Sintang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah menerima penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi (Zona Hijau) terhadap Standar Pelayanan Publik Tahun 2019 dari Ombudsman Republik Indonesia di Gran Ballroom JS Luwansa Hotel Jakarta, JL. H.R Rasuna Said Jakarta 27 Nopember 2019.
Penyerahan penghargaan dilaksanakan dalam sebuah Seminar Ombudsman Pemenuhan Standar Pelayanan Publik Dalam Rangka Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang Progresif dan Partisipatif ( Propartif ) dan Penganugerahan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik yang dihadiri oleh kepala daerah seluruh Indonesia. 
Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah usai menerima penghargaan  menjelaskan rasa senangnya karena setelah pada 2018 Pemkab Sintang hanya mampu mendapat kepatuhan rendah (zona merah)  dalam hal pelayanan publik. “dengan hasil yang diraih pada  2018 tersebut telah menjadi pelajaran berharga, sehingga untuk penilaian 2019 telah disiapkan dengan matang dan sebaik mungkin yang pada akhirnya meraih predikat kepatuhan tinggi (zona hijau)” kata Yosepha Hasnah.
“penghargaan tersebut diberikan kepada pemerintah daerah yang komitmen untuk memenuhi standar pelayanan public sesuai UU No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik. Komitmen pemda diwujudkan dengan pemenuhan standar pelayanan tersebut oleh setiap perangkat daerah dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,”jelasnya.
Yosepha Hasnah berharap dengan adanya penghargaan tersebut akan menambah motivasi seluruh ASN, untuk bekerja optimal dan menghadirkan penyelenggaraan  pemerintahan yang dapat memberikan pelayanan  publik yang prima dan paripurna kepada masyarakat. 
“Prestasi ini hasil kerja keras semua organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sintang sehingga Pemkab Sintang bisa meraih penghargaan ini bersama tiga kabupaten lain di Kalimantan Barat yakni Sekadau, Kapuas Hulu dan Mempawah. Terima kasih atas perbaikan dan kekompakannya. Terus jaga dan bahkan tingkatkan kinerja di masa yang akan dating. Ke depan Standar Pelayanan Maksimal sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal  akan diterapkan untuk semua OPD, bukan hanya OPD Pelayanan langsung. Terima kasih atas dukungan dari Bapak Bupati dan Wakil Bupati Sintang serta masyarakat Kabupaten Sintang.  semoga ke depan pelayanan kepada masyarakat lebih ditingkatkan lagi. yang menerima penghargaan SPM predikat tinggi se Indonesia tahun 2019 adlah 12 Kota dan 71 Kabupaten. Sementara yang lain masih pada posisi merah dan kuning..
” tambah Sekda.
Acara tersebut dihadiri oleh Menkopolhukam, Menteri Luar Negeri, Menteri Agama, Dubes Belanda, Ketua Komisi II DPR RI, seluruh komisioner Ombudsman RI serta Pimpinan Lembaga dan Kepala Daerah penerima penghargaan. 
Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai mengatakan, beberapa pemda belum memiliki standar pelayanan publik yang baik.
“Diantara temuan kami, bahwa pemerintah daerah masih perlu melengkapi standar pelayanan publik dengan melengkapi informasi biaya, prosedur, jangka waktu dan kepastian hukum investasi,” kata Amzulian saat memberikan sambutan pada Penganugerahan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik 2019.
Padahal menurut dia, ketersediaan standar tersebut mampu mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik dan menutup celah korupsi juga maladministrasi. anggota Ombudsman yang lain Adrianus Meliala mengatakan ponten merah tak lagi ditemukan untuk tingkat kementerian ataupun lembaga yang disurvei tahun ini. Kendati ia mengakui masih ada catatan merah untuk beberapa pemda, meski tetap tak mau menyebutkan detail.
Mantan Komisioner Kompolnas ini mengaku Ombudsman sudah melakukan sosialisasi dengan mendatangi langsung pemda-pemda. Namun tetap saja tidak ada perubahan. "Artinya apa, memang tidak ada komitmen. Nah mengapa tidak ada komitmen, kami tidak tahu," kata dia lagi.
Penilaian Ombudsman dilakukan terhadap empat kementerian, tiga lembaga, enam pemerintah provinsi, 36 pemerintah kota dan 215 pemerintah kabupaten. Survei ini mencakup total 17.717 pelayanan dan 2.366 unit layanan.
Survei kepatuhan ini dilakukan dengan mekanisme pengambilan data survey dengan mengamati secara fisik, observasi secara mendadak dan bukti foto. Periode pengambilan data dilakukan serentak pada Juli hingga Agustus 2019(red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *