HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Asisten Ekbang Buka Seminar Nasional Songsong Era 4.0

Sintang,Kalbar,www.warta86.com-Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang H. Henri Harahap, S. Sos, MM Mewakili Bupati Sintang membuka Seminar Nasional dengan tema Menyongsong Indonesia Emas Dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia Dalam Menghadapi Era 4.0 pada Sabtu, 7 September 2019 di Aula Edy Riberu STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Seminar Nasional diikuti 300 mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Sintang. Seminar menghadirkan tiga narasumber yakni Dr. Uray B. Asnol, SKM, MM, M. Kes (Ketua STIKES Kapuas Raya), Riskiyana Adi Putra, M. Psi. Psikolog (anggota Ikatan Pembimbing kemasyarakatan Indonesia), Dr. Hilarius Jagoduda, S. Si, M. Pd (Wakil Ketua Bidang STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)
H. Henri Harahap menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Sintang sangat menaruh perhatian besar terhadap dunia pendidikan, hal ini sesuai dengan visi Kabupaten Sintang yang digagas oleh pemerintah intang, kita ingin mewujudkan masyarakat sintang yang cerdas. 
‘sesuai dengan tema yang diangkat pada seminar ini yaitu “menyongsong indonesia emas dalam peningkatan sumber daya manusia dalam menghadapi era 4.0”. Seperti yang kita ketahui, Indonesia emas tahun 2045 telah menjadi impian besar untuk membentuk Indonesia yang mampu bersaing dengan bangsa lain serta dapat menyelesaikan masalah-masalah yang mendasar di tanah air kita, seperti isu korupsi dan kemiskinan. Kunci untuk mewujudkan Indonesia emas tahun 2045 berada pada kualitas sumber daya manusianya, terutama pemuda” terang H Henri Harahap
“tenaga pendidik seperti guru dan dosen memiliki peran penting dalam menciptakan generasi yang memiliki keterampilan hidup. Oleh karena itu, setiap pendidik dituntut untuk terus mengembangkan kemampuannya dalam mengolah kegiatan pembelajaran. Perkembangan pendidikan di abad ini telah menuntut percepatan mutu kualitas manusia dimasa yang akan datang. Pencapaian mutu ini, sangat tergantung dari kualitas proses pembelajaran yang sedang dilaksanakan dan menjadi problema tersendiri bagi dunia pendidikan di Indonesia” tambah Asisten Perekonomian dan Pembangunan ini.
“arus globalisasi sudah tidak terbendung masuk ke indonesia. disertai dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation. Menghadapi tantangan tersebut, pengajaran di perguruan tinggi pun dituntut untuk berubah, termasuk dalam menghasilkan dosen berkualitas bagi generasi masa depan” pesan H. Henri Harahap.
Dihadapan para pengurus Perkadosi, peserta seminar dan para narasumber H. Henri Harahap berpesan agar kepada para peserta seminar agar dapat mengikuti seminar ini dengan baik dan dapat menghasilkan pemikiran serta ide-ide baru untuk dunia pendidikan menyongsong indonesia emas dan era 4.0. Kepada para narasumber, terima kasih telah berupaya untuk menyukseskan jalannya seminar ini. kami berharap bahwa setelah seminar ini selesai, kerja nyata baru akan dimulai sebagai upaya untuk mengoptimalkan peran tenaga pendidik dalam mendukung ketercapaian peningkatan sumber daya manusia menyosong indonesia emas dan menghadapi era 4.0.

“saya ucapkan terima kasih kepada kepada panitia penyelenggara, yang telah bekerja keras untuk menyukseskan acara seminar nasional ini. saya harap kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar serta memberikan hasil sebagaimana yang diharapkan bersama” tambah H. Henri Harahap.
Elvi Juliansyah Ketua Panitia Seminar menyampaikan bahwa seminar nasional diikuti oleh 300 mahasiswa dan dosen yang adi perguruan tinggi di Kabupaten Sintang.  “Ini pertama seminar dilaksanakan oleh Perkadosi. Kami berharap akan ada seminar berikutnya” terang Elvi Juliansyah.
Ketua Perkumpulan Karir Dosen Indonesia (Perkadosi) Dwi Cahyadi Wibowo, M. Pd menjelaskan bahwa semua maahasiswa dan tenaga pengajar harus menambah wawasan dan mampu menyikapi perkembangan jaman. “ kita harus mengambil sikap atas perkembangan jaman saat ini. Sumber daya manusia kita harusnya meningkat dan mampu bersaing di saat ini. Di saar sumber daya alam kita akan habis maka sumber daya manusia harus baik untuk mengelola alam yang tinggal sedikit. Kegiatan  seminar ini diharapkan  mampu meningkatkan wawasan kita. Seminar ini merupakan agenda Perkadosi. Perkadosi dibentuk untuk mewujudkan dosen yang berintegritas” terang Dwi Cahyadi Wibowo, M. Pd.(Red)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *